Menyaksikan Dunia dari Ketinggian: Transformasi IKN Nusantara Melalui Lensa NASA

 


 

Dari jarak yang jauh, mata NASA melalui OLI-2 (Operational Land Imager-2) di Landsat 9 dan OLI di Landsat 8 menyaksikan perubahan dramatis di Nusantara. Tepatnya, proyek ambisius yang menjadi tonggak sejarah pembangunan Indonesia, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, menjadi sorotan utama.

 

Tahun 2022 dan 2024 menjadi dua titik perbandingan yang digunakan NASA untuk menyoroti perkembangan IKN. Foto-foto yang dirilis NASA mengungkap perubahan yang luar biasa, terutama dalam hal penggunaan lahan.

 

Pada gambar yang diambil pada bulan Februari 2024, perubahan terlihat begitu jelas. Kawasan hutan yang sebelumnya lebat kini telah terbuka untuk memberikan tempat bagi jaringan jalan utama IKN. Pembangunan yang dimulai sejak Juli 2022 ini berlokasi sekitar 30 kilometer ke daratan dari Selat Makassar. Keputusan ini diambil sebagai jawaban atas tantangan lingkungan yang dihadapi Jakarta, ibu kota Indonesia saat ini.

Foto : NASA


Foto : NASA

Jakarta, dengan populasi metropolitan sekitar 30 juta jiwa, telah berkembang dengan pesat dalam beberapa dekade terakhir. Namun, kemajuan ini diiringi dengan masalah serius seperti banjir yang sering terjadi, kemacetan lalu lintas yang parah, polusi udara, dan kekurangan air minum.

 

Ancaman yang lebih serius adalah isu tenggelamnya Jakarta dalam beberapa tahun ke depan. Penurunan permukaan tanah hingga 15 sentimeter per tahun, disebabkan oleh pengambilan air tanah yang berlebihan, telah membuat 40 persen wilayah kota berada di bawah permukaan laut.

 

Meski pembangunan IKN dianggap sebagai solusi atas masalah-masalah ini, beberapa peneliti dan pengamat lingkungan mengkhawatirkan dampaknya terhadap hutan dan satwa liar di wilayah tersebut.

 

Kawasan daratan dan perairan pantai yang sedang dikembangkan adalah rumah bagi keanekaragaman hayati yang luar biasa. Hutan bakau, habitat bekantan, dan rumah bagi lumba-lumba Irrawaddy menjadi perhatian utama dalam diskusi ini.

 

Meskipun perubahannya begitu dramatis dalam satu setengah tahun terakhir, IKN Nusantara masih jauh dari selesai. Rencananya, konstruksi akan selesai pada tahun 2045.

 

Dalam gambar yang diambil dari langit, IKN Nusantara tampak seperti puluhan ribu potongan puzzle yang disusun sedang dalam proses. Dengan cermat, pemerintah dan para pembangun berusaha menyusun kembali potongan-potongan negeri ini, menciptakan masa depan yang lebih baik. Tapi, dalam proses itu, mereka juga harus mengingat dan memperhitungkan keberadaan dan keseimbangan alam yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kekayaan negeri ini.

Next Post Previous Post