Perbedaan Besaran Ganti Rugi Jalan Raya Pan Borneo antara Sabah dan Sarawak

 

Foto : Kosmo Digital

Menteri Kerja Negara Bagian Sabah, Datuk Shahelmy Yahya, mengungkapkan bahwa biaya akuisisi tanah untuk Jalan Raya Pan Borneo di Sabah empat kali lebih tinggi daripada di Sarawak karena perbedaan lebar koridor eksisting di kedua negara bagian Malaysia Timur tersebut.

 

Shahelmy menyatakan bahwa pemerintah telah membayar sejumlah RM1,147 miliar sebagai ganti rugi tanah dan struktur di Sabah, yang membuat Ketua Oposisi Datuk Seri Shafie Apdal mempertanyakan disparitas tersebut dengan Sarawak, di mana biaya mencapai RM133 juta.

 

"Jumlah ganti rugi tanah dan struktur di Sarawak lebih rendah dibandingkan dengan Sabah karena di Sarawak, koridor jalan raya eksisting mereka memiliki lebar 100 meter. Sedangkan di Sabah, koridor eksisting hanya lebar 30 meter," ujar Shahelmy dalam sidang legislatif negara bagian.

 

"Implementasi kebijakan Jalan Raya Pan Borneo di Sabah dan Sarawak adalah untuk meningkatkan jalan Federal utama yang sudah ada. Namun, mengingat jalan Federal yang sudah ada adalah jalan dua arah satu lajur yang perlu ditingkatkan menjadi jalan dua arah dua lajur, hal ini melibatkan akuisisi lahan yang luas," tambahnya.

 

"Jadi karena di Sarawak, koridor eksisting sudah memiliki lebar 100 meter, mereka bisa memberikan kompensasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Sabah. Di Sabah, kami tidak hanya mengakuisisi tanah tetapi juga memberikan kompensasi kepada rumah atau struktur yang terdampak," tambahnya.

 

Shafie, yang menyoroti bahwa Sarawak tidak hanya membayar lebih sedikit, tetapi juga jauh lebih maju dalam pembangunan Jalan Raya Pan Borneo, juga telah meminta detail paket kompensasi yang akan diberikan kepada Shahelmy dalam bentuk tertulis.

 

Sebelumnya, Shahelmy menyebut bahwa selama sistem Mitra Pengiriman Proyek proyek sebelum tahun 2019, total 12 paket senilai RM651.000.000 telah dibayarkan.

Hal itu melibatkan total 1.591 pemilik tanah dan struktur.

"Hingga tahun ini, hingga 1 April 2024, total kompensasi yang dibayarkan untuk tanah dan struktur mencapai RM1,147 miliar," ujarnya.

 

 

 

 

 

Next Post Previous Post