Hasil Survey Pilpres 2024 SLJ jika terjadi putaran kedua

Simulasi Head to Head putaran kedua antara pasangan capres dan cawapres di pemilu 2024 oleh Lembaga Survey Jakarta (LSJ) berhasil mendapatkan informasi mengenai keunggulan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Survey yang dilakukan pada periode 18 hingga 28 oktober 2023 ini diperoleh dari 38 provinsi dari seluruh wilayah Indonesia. Survey sendiri diikuti oleh 1.200 responden yang dilakukan dengan teknik sampel secara acak bertahap (multistage random sampling).

Data yang dikumpulkan dilakukan dengan memakai Teknik wawancara tatap muka dengan tenaga terlatih dan dengan bantuan / pedoman kuisioner. Margin of Error dari survey yang didapat adalah kurang lebih 2.83% dengan tingkat kepercayaan 95%.
Kondisi yang disimulasikan adalah apabila Pemilu 2024 terjadi dua putaran dimana Ketika ditanyakan apabila terjadi puteran kedua yang diikuti oleh Paslon Prabowo-Gibran dan Ganjar Mahfud, siapakah yang nantinya dipilih? Pertanyaan yang sama ditanyakan kepada kandidat lain dengan perbandingan satu sama lain.

Berikut hasil head to head antara ketiga paslon:

Prabowo-Gibran Vs Ganjar-Mahfud
Prabowo-Gibran 52,8%
Ganjar-Mahfud 40,1%
TT/TJ 7,1%

Prabowo-Gibran Vs Anies-Cak Imin
Prabowo-Gibran 59,6%
Anies-Cak Imin 35,8%
TT/TJ 4,6%

Ganjar-Mahfud Vs Anies-Cak Imin
Ganjar-Mahfud 48,4%
Anies-Cak Imin 42,3%
TT/TJ 9,3%

Fetra Ardianto, Direktur Riset LSJ mengemukakan terkait simulasi head to head putaran kedua itu. Ia mengungkapkan bahwa Prabowo-Gibran unggul atas Ganjar Mahfud dan keungulan itu jauh apabila dibandingkan dengan Anies-Cak Imin.
“Dalam simulasi Pilpres putaran kedua antara pasangan Prabowo-Gibran melawan pasangan Ganjar-Mahfud, hasil survei LSJ menunjukkan bahwa 52,8% responden memilih pasangan Prabowo-Gibran. Sementara itu 40,1% responden memilih pasangan Ganjar-Mahfud,” Tutur Fetra sembari menjelaskan survey, Selasa (31/10/2023).

“Ketika di Pilpres putaran kedua pasangan Prabowo-Gibran disimulasikan berhadapan dengan pasangan Anies-Cak Imin, kemenangan pasangan Prabowo-Gibran ternyata semakin absolut,” lanjutnya sebelum menutup pembicaraan.

Survey LSJ
Survey LSJ. Sumber: maka.news
Next Post Previous Post