Menembus Hambatan Menuju Mimpi Olimpiade: Tantangan Timnas U23 Indonesia di Playoff Lawan Guinea

 

Foto : Bola.net

Dalam perjalanan menuju Olimpiade Paris 2024, Timnas U23 Indonesia harus menghadapi berbagai tantangan yang tak terduga. Setelah menempati posisi keempat di Piala Asia U23 Qatar 2024, langkah mereka terhenti. Namun, mereka masih memiliki kesempatan terakhir melalui babak playoff melawan Guinea.

 

Kedatangan tim ke Perancis pada Minggu (5/5/2024) tidak langsung membawa angin segar. Meskipun para pemain dan ofisial telah tiba, perbedaan suhu dan temperatur udara antara Qatar dan Perancis menjadi tantangan yang harus dihadapi. Pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui bahwa kondisi cuaca yang dingin di Perancis mempengaruhi latihan pemulihan dan taktik tim.

 

"Karena capek, jadi hanya latihan pemulihan dan ada taktik sebentar. Memang kemarin kita perjalanan agak jauh dan lama," ucap Shin Tae-yong.

 

Namun, lebih dari sekadar perbedaan cuaca, masalah mental pemain menjadi fokus utama jelang laga melawan Guinea. Dua kekalahan beruntun di Piala Asia U23 meninggalkan bekas yang dalam pada mental pemain. Tingginya ekspektasi dari masyarakat juga menambah beban yang mereka rasakan.

 

"Jadi paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain. Jadi secara psikologi juga mulai capek dan lelah. Jadi kita harus kontrol supaya kondisi pemain tetap fit," ungkap Shin Tae-yong.

 

Tantangan tidak berhenti di situ. Masalah makanan dan tidur juga menjadi hal yang harus diatasi oleh tim. "Karena kita juga buru-buru booking hotel dan lain-lain karena keputusannya setelah selesai pertandingan kemarin di Doha. Jadi ada masalah sedikit saja seperti itu," tambah Shin Tae-yong.

 

Pertandingan melawan Guinea dijadwalkan berlangsung di Clairefontaine, Perancis, Kamis (9/5/2024), pukul 20.00 WIB. Kemenangan dalam laga ini akan membawa Indonesia masuk ke Grup A Olimpiade 2024, yang sudah dihuni oleh Perancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

 

Dengan segala tantangan yang dihadapi, Timnas U23 Indonesia berusaha untuk menembus hambatan demi mewujudkan mimpi mereka ke Olimpiade Paris 2024. Meskipun jalannya penuh rintangan, semangat Garuda Muda tetap berkobar untuk meraih tiket emas ke Paris.

 

 

 

 

 

Next Post Previous Post