Hasil Survey Charta Politika elektabilitas Capres Cawapres 2024

Hampir sepekan setelah bermacam Prediksi elektabilitas partai berterbangan di dunia maya oleh berbagai Lembaga Survey. Kali ini survey datang dari Charta Politika yang dikomandani Yunarto Wijaya yang selama ini menjadi konsultan bagi pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Charta Politika merilis hasil surveynya terkait capres dan cawapres. Dari tiga pasangan yang telah mendaftar siapakah yang diprediksi menang pada pilpres 2024 nanti?

Dilansir dari laman Charta Politika Indonesia terkait survey yang dilakukan pada tanggal 26 – 31 Oktober 2023, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2400 responden, yang tersebar di 38 Provinsi.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±(2.0%) pada tingkat kepercayaan 95% .

Charta Politika melakukan survey dengan pertanyaan” Seandainya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan pada hari ini, pasangan manakah yang akan bapak/ibu/saudara pilih?”

Hasil dari survey paslon Ganjar Pranowo-Mahfud Md ungguli pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakaguming serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.
Demikian hasil Survey yagn dilakukan:

Ganjar Pranowo-Mahfud Md 36,8%.
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 34,7%.
Anies Baswedan-Cak Imin 24,3%.
Tidak Tahu/Tidak Jawab 4,3%.

Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Charta Politika menjelaskan hasil survey tersebut dan mengatakan disparitas antara Ganjar-Mahfud dan Prabowo Subianto-Gibran unggul tipis.
“Tidak terlalu jauh berbeda, Ganjar dan Mahfud ada di 36,8 persen, Prabowo dan Gibran ada di angka 34,7 persen, Anies dan Cak Imin ada di angka 24,3 persen, jadi ada selisih sekitar 2,1 persen kalau kita lihat,” jelasnyanya.

“Tidak terlalu banyak perubahan kalau dibandingkan dengan 13-17 Oktober untuk 3 nama,” tutupnya dengan menjelaskan tidak banyak perbedaan dengan hasil survey pada periode sebelumnya.

Charta Politika Pilpres 2024
Charta Politika, sumber; maka.news
Next Post Previous Post