Kenangan tak terlupakan di Sea Games 2023, Sportivitas Kalahkan Kemenangan

Soh Rui Yong
Soh Rui Yong, Sumber: Channel New Asia

SEA Games 2023 Kamboja telah berlalu hampir tiga bulan dimana masing-masing atlet dari berbagai negeri saling berasing dalam rivalitas yang tinggi. Namun ada secuil kisah yang mengingatkan kita pada berharganya sebuah sportivatas dari pada sekedar kemenangan. Dimana seorang pelari atletik yang berasal dari jiran kita Singapura menunjukkan semangat sportivitasnya dalam lomba lari diatas trek SEA Games kamboja 2023. Soh Rui Yong mengajarkan kepada kita mengenai keindahan sebuah sportivitas meski hanya dari sebuah pemberian air mineral kepada atlet Indonesia, Rikki Marthin Luther Simbolon. Apa yang dilakukan Soh Rui Yong menjadi sangat spesial ditengah perlombanaan yang penuh dengan semangat persaingan dan rivalitas. Keduanya merupakan pelari dari cabor atletik yang bersaing di nomor lari 10,000 meter putera.

Mereka berdua berhadapan satu sama lain beserta 14 atlet lainnya dalam perlombaan 10,000 meter putera yang diselenggarakan di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja , pada Kamis (11/5/23) sore waktu setempat. Pada saat perlombaan menyissakan lima putaran dimana disatu momen Rikki Marthin Luther Simbolon mencoba mengambil air minum di meja hidrasi namun gagal menggengam botol yang akand iambilnya dimana botol tersebut justru jatuh ke bawah meja, sementara Riki terus berlari menyusuri trek yang telah disediakan, pada momen yang hampir bersamaan Soh Rui Yong yang berlari dibelakang Rikki berhasil mengambil air minum tersebut.

Singkatnya, Rikki berhasil menggondol medali emas dengan catatan waktu 31 menit 08.850 detik dan berhak atas medali emas Sea Games 2023 sementara Soh Rui berhasil memecah rekor nasional medali pertama untuk Singapura di nomor 10.000 meter dalam 40 tahun terakhir. Usai perlombaan Soh Roi Yong tetap menunjukkan sikap sportifitasnya dengan dengan memberikan ucapan selamat kepada Rikki yang terkapar dengan nafas terengah-engah pada trek lari. Dia juga memberikan ucapan selamat lewat instagram pribadinya kepada Rikki.

Ucapan Soh Rui Yong yang menggores indahnya Sportivitas

“Perlombaan yang luar biasa!  Terima kasih Rikki Marthin Simbolon untuk final SEA Games atletik dengan nomor lari 10.000 meter yang epik, yang tidak akan pernah saya lupakan,” gores Soh Rui Yong pada instagram pribadinya.

“Anda adalah pria terkuat dan paling berani untuk mendorong langkah agresif di hari yang sangat panas hingga mendapai 35 derajat celcius. Anda seorang juara yang layak,” imbuhnya lagi.

Ucapan tersebut kemudian menuai pujian dari para netizen mengenai sikap sportivitas yang ia tunjukkan selama perlombaan berlangsung, meski hanya segelas air mineral untuk Rikki. Kolom komenter Soh Rui Yong dibanjiri ucapan terima kasih dari netizen di Indonesia. Sementara itu Agung Gantar, Pelatih lari asal Indonesia juga tak melewatkan kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada Soh Rui Yong. Thanks You Rui, Kamu juga hebat,” tulis sang pelatih Indonesia.

Meskipun telah terlewat beberapa bulan namun cerita ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak dan diharapkan juga berdampak bagi dunia politik Indonesia yang sebentar lagi akan menapaki kompetisi politik ditahun 2024 nanti.

Irang Luth

 

 

Next Post Previous Post